Cari Blog Ini

Senin, 12 November 2012

Obat Herbal

Ramuan tradisional sering diartikan sebagai obat atau media pengobatan dengan menggunakan bahan-bahan alamiah sebagai bahan bakunya, baik itu dari tanaman, mineral, maupun binatang. Namun karena umumnya yang digunakan adalah berasal dari tanaman maka ramuan tradisional ini sering disebut juga sebagai ramuan atau resep herba / herbal.

Ramuan herba dipilih oleh mereka yang berusaha menghindari obat-obatan yang terbuat dari bahan kimia. Penggunaan ramuan ini tidak hanya dilakukan masyarakat dari negara timur saja, yang memang gudangnya pembuat ramuan tradisional, namun di negara maju pun kini mulai melirik dan menggunakan obat-obatan dari bahan alami tersebut.

Obat herbal maupun obat modern sebenarnya sama-sama berkhasiat asal digunakan sesuai kebutuhan. Keduanya dapat saling melengkapi, dimana bisa saja obat modern cocok untuk menyembuhkan suatu penyakit, sedang obat tradisional ampuh untuk memulihkan kondisi tubuh setelah terserang penyakit tersebut. Bisa juga sebaliknya. Memang, ilmu kedokteran barat yang dikenal modern dan berbasis pengetahuan ilmiah dan logis terkadang masih memandang resep-resep herba sebagai tehnik pengobatan yang tidak logis dan kurang ilmiah. Padahal, jika melihat sejarah, pengobatan dengan cara tersebut sudah terbukti membuahkan hasil. Tidak usah jauh-jauh, di Indonesia sendiri banyak contohnya, khususnya di lingkungan masyarakat pedesaan.

Berikut ini beberapa alasan kuat untuk menggunakan ramuan tradisional:

  • Obat tradisional diramu dari bahan-bahan yang disediakan alam (herba), jadi lebih alami.

  • Sebagian besar bahan-bahan diserap oleh tubuh sebagai nutrisi untuk membantu sistem kekebalan tubuh.

  • Tidak mengandung bahan kimia, tanpa efek samping.

  • Bahan bisa diperoleh dengan murah, bahkan cuma-cuma. Hemat.

  • Persiapan peralatan mudah dan praktis.

ramuan tradisionalSitus ini mencoba mengumpulkan dan menyajikan aneka resep dan ramuan tradisional berbasis herba yang kerap digunakan di masyarakat. Beberapa di antaranya adalah resep untuk mengobati / menyembuhkan jamu galian singset / sari rapet, mengencangkan payudara, rematik 2, muntah-muntah, kesegaran badan, biduran / kaligata (balita), keracunan (balita), dan luka berdarah (balita). Untuk memudahkan, resep yang ada kami pilah berdasarkan khasiatnya atau manfaatnya. Anda bisa menyimak halaman Resep untuk melihat katalog resep herbal yang tersedia atau memanfaatkan fitur pencarian yang tersedia untuk mencari pengobatan tradisional tertentu sesuai kebutuhan. Sebagai pelengkap, kami juga menyertakan artikel-artikel pendukung seputar kesehatan, khususnya mengenai pengobatan tradisional.

Salam sehat selalu!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar